Tuesday, November 10, 2020

#

Pahlawan: Pahala Wan

 



Saya pernah membaca bahwa pahlawan itu berasal dari dua suku kata yang digabungkan jadi satu: pahala dan wan. Pahala menandakan banyak jasa dan wan untuk orang. Jadi pahlawan adalah orang yang banyak jasanya. 


Tentu kita memiliki pandangan yang berbeda tentang sosok pahlawan yang ideal.  Tergantung sudut pandang dari dan inspirasi dari pahlawan itu sendiri. Bagi saya sosok pahlawan bukan hanya jagoan semacam avanger atau Naruto. Tapi orang yang memiliki pengaruh positif pada masyarakat sekitarnya. Serts tindakanya menjadi inspirasi bagi perubahan masyarakat ke arah lebih baik.


Kembali lagi ke kata pahala dan wan, ini mengingatkan saya pada Hadist masyhur, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia "


Jadi siapapun bisa menjadi pahlawan. Lagi pula di zaman bukan perang seperti saat ini, pahlawan bukan lagi dimonopoli pasukan medan perang, tapi orang-orang yang tindakannya berpengaruh positif bagi masyarakat sekitarnya. Anda pun bisa menjadi pahlawan, minimal pahlawan lokal di sekitar anda tinggal.


Selamat Hari Pahlawan

No comments:

Post a Comment

Follow by Email