Monday, October 12, 2020

#

Kelebihan dan Kekurangan pengunaan Internet sebagai Media Pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan pengunaan Internet sebagai Media Pembelajaran.

Ahmad Yunus Sukardi*



Pandemi Covid 19 memaksa dunia pendidikan menutup kegiatan tatap muda di dalam kelas. Alasan kemanan dan pencegahan penyerabaran covid membuat dunia pendidikan dihadapkan pada masalah yang belum pernah ditemui dunia pendidikan Indonesia. Pembelajaran jarak jauh lewat internet, kini menjadi tumpuan kegiatan belajar mengajar menggantikan tatap muka  di kelas-kelas sekolahan.

Internet memang dalam satu dekade dijadikan sebagai salah satu media pendukung kegiatan belajar. Lambaga pendidikan jarak jauh seperti Universitas Terbuka menggunakan kelas online sebagai sarana media pembelajaran.  Sementara bimbingan belajar online juga menjadi barang baru, keberadannya baru booming seiring kemunculan startup-startup Bimbingan belajar yang dana promosinya fantastis.  Penggunaan internet sebagai media belajar tatap saja tidak merata, khususnya sekolah dasar dan sekolah menengah belum memiliki sistem pembelajaran online yang baik.

Pengunaan internet sebagai media belajar tetap menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi internet sebagai media pembelajaran pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya. Tulisan ini akan membahas kelebihan dan kekurangan internet sebagai media pembelajaran.

Internet memiliki kelebihan sebagai media pembalajaran sebagai berikut:

  1. Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara. Kini, berkat internet batas geografis menjadi kabur. Pengiriman teks pelajaran menjadi lebih mudah dan efisien. Buku Sekolah Elektronik (BSE) adalah contohnya. Dengan format digital, BSE yang diunggah ke internet dapat dengan mudah diakses dan diunduh oleh berbagai pihak.
  2. Akses informasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global tidak perneh tidur. Dengan kata lain, kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
  3. Akses informasi melalui internet lebih cepat bila dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku di perpustakaan. Kita tinggal mengklik icon tertentu, maka apa yang kita inginkan akan muncul di layar monitor ponsel pinter atau komputer kita.
  4. Internet juga menyediakan kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual kita, seperti udemy, dsb. Tentu saja dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
  5. Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya atau setingkat mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
  6. Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. Kita btinggal mengunduh atau mencetak informasi yang kita butuhkan.
  7. Konvergensi media yang beragam. Teknologi digital memiliki berbagai format yang memanjakan mata. Dunia pendidikan tidak lagi kaku dengan tampilan papan tulis, gambar, atau radio. Berkat teknologi digital kita bisa melihat tampilan yang interaktif, animasi seru, dan tampilan audio visual yang memudahkan murid menyerap pelajaran.

Kekurangan Pengunaan internet sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Kebutuhan akan perangkat untuk mengakses internet seperti telepon pintar, Tab, laptop maupun PC. Spesifikasi perangkat juga akan berperan besar dengan kelancaran mengakses internet. Menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah akan membuat akses internet menjadi lambat, terlbih jika mengakses platform konferensi online seperti zoom.
  2. Informasi yang tersedia di internet sangat besar jumlahnya, namun tidak semuanya kita butuhkan. Kemampuan memilah mana informasi yang berbobot dengan yang kurang berbobot terlebih lagi hoaks menjadi penting bagi peserta didik.
  3. Internet bersifat interaktif dengan menyediakan banyak sekali link-link menuju situs tertentu yang terkadang membuat penggunanya untuk mengkliknya, akibatnya justeru membuat pencarian informasi yang dilakukan menjadi terbengkalai dan lepas kendali.
  4. Salah satu kelemahan internet yang sangat terasa dan sangat mengganggu adakah resiko terkena virus komputer yang mudah menyebar, baik melalui email maupun melalui file-file yang kita unduh.
  5. Internet memiliki ketergantungan pada jaringan telepon dan ISP yang berdampak pada kecepatan akses dan biaya pemakaian. Semakin bagus infrastruktur internet di suatu wilayah, maka kecepatan aksesnya lebih cepat dibandingkan wilayah yang infrastruktur internetnya buruk, sementara infrastruktur internet di Indonesia masih terfokus ke kota-kota besar sedangkan di daerah masih sangat minim. Pengunaan data internet, khusunya yang menggunakan data dari layanan telepon selular juga tidak murah, apalagi jika kegiatan pembelajaran menggunakan platform konferensi online sepeerti zoom meeting atau google meet yang memakan kuota internet besar, semakin besar data makan semakin besar juga pengeluaran untuk beli kuota internet.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan internet sebagai media pembelajaran yang dapat penulis paparkan.


---

*Penulis tinggal di Tangerang 

Buat kamu yang ingin menggunakan artikel ini untuk tugas sekolah atau kuliah, penulisan daftar pustakanya seperti contoh di bawah ini:

Ahmad Yunus Sukardi. 2020. Kelebihan dan Kekurangan pengunaan Internet sebagai Media Pembelajaran. http://ahmadyunussukardi.blogspot.com/2020/10/kelebihan-dan-kekurangan-pengunaan.html (Diakses Tanggal...)

No comments:

Post a Comment

Follow by Email