Sunday, September 20, 2020

#

Mengenal Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum [Thunb.] Sweet)

Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum [Thunb.] Sweet) merupakan salah satu tanaman hias yang berfungsi juga sebagai obat herbal untuk penyakit tertentu. Di pasaran dikenal dengan sebutan Japanese Glorybower, untuk membedakan dengan bunga celosia yang kadang direbut juga bunga pagoda. Nama lain bunga pagoda yaitu Senggugu atau Tombak Raja.



Umumnya, ditanam di taman, pekarangan rumah, atau di tepi jalan daerah luar kota sebagai tanaman hias. Perdu meranggas, tinggi 1-3 m. Batangnya dipenuhi rambut halus. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan. Helaian daun berbentuk bulat telur melebar, pangkal daun berbentuk jantung, daun tua bercangap menjari, panjangnya dapat mencapai 30 cm. Bunganya bunga majemuk berwarna merah, terdiri dari bunga kecil-kecil yang berkumpul membentuk piramid, keluar dari ujung tangkai. Buahnya bulat. Bunga pagoda dapat diperbanyak dengan biji.

Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal adalah dataran rendah tinggi, suhu panas maupun dingin. Untuk kebutuhan sinar matahari adalah full sun (penyinaran sepanjang hari).

Manfaat Bunga Pagoda

Akar bunga pagoda dapat digunakan sebgai antiradang, peluruh kencing, menyembuhkan bengkak, dan menghancurkan darah beku. Daun bunga pagoda dapat digunakan untuk mengeluarkan nanah dan sebagai obat antiradang. Sedangkan, bunganya sendiri dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan.

Catatan pribadi

Tanaman yang sangat sulit nyarinya di Tangerang. Mesen ke tukang bunga pun nihil. Saya beli via marketplace dari toko bunga di Kota Batu Jawa Timur. Diantara Pohon lain yang pernah saya beli, ini adalah pohon yang asalnya paling jauh. Harganya lumayan mahal dibandingkan bunga lain yang pernah saya beli. 

Perawatan awal, ketika bibit tanaman datang sebaiknya ditaruh ditempat teduh. Daun akar layu dan gugur, baru muncul daun yang segar. Jika sudah tumbuh daun lagi, baru tanaman biss dipindahkan ke tanah atau pot yang lebih besar, untuk pot sebaiknya yang ukuran 60 cm. 

Tujuan beli untuk dijadikan tanaman nektar Taman Kupu-kupu Sukardi. Bunganya merupakan bunga ke sukaan kupu-kupu. Termasuk kupu-kupu langka Raja Troides yang dilindungi.



No comments:

Post a Comment

Follow by Email