Saturday, September 26, 2020

#

Cicilan koleksi buku



Lebih dari 200 buku koleksi yang saya punya telah saya buatkan deskripsi singkat dan nomor panggilnya, berarti itu sudah 2/3 dari jumlah koleksi buku yang saya punya. 

Untuk menampung data koleksi buku yang saya punya,  saya membuat blog Pustakaloka Nus. Di mulai sejak tahun 2017. Dari catatan dashboard blogger, tercatat tahun 2018 adalah tahun paling banyak koleksi buku diupload, setidaknya ada 140an judul buku.

Salah satu kendala paling sulit mungkin konsistensi yah. Saya tidak konsisten untuk mengupload data buku yang saya koleksi. Malah tidak punya target kapan mau diselesaikan.  

Saya baru ingin menyelesaikan cicilan koleksi buku ini tahun ini. Saat pandemi dan banyak waktu di rumah. Apalagi setelah Beres-beres koleksi buku pertengahan Agustus lalu, saya sadar bahwa apa yang sudah dikerjakan sejak tahun 2017, sudah lebih dari setengah koleksi buku yang saya miliki saat ini. 

Setidaknya ada dua hari yang bisa digunakan, senin dan kamis dimana saya tidak melakukan aktivitas fisik terlalu banyak. Buku-buku yang akan saya buatkan deskripsi lalu diupload, saya taruh di samping meja kerja. 



Yah, semoga saja tahun ini, cicilan Buat upload koleksi buku kelar. 

Selanjutnya apa? 

Jujur saja mimpi kecil saya adalah membuat perpustakaan pribadi yang bisa diakses publik, meski saya juga belum tentu mau meminjamkan koleksi yang sudah saya punya. Mengingat banyak juga buku yang dipinjam orang sampai sekarang belum  balik malah gak tau lagi di mana rimbanya. Mungkin hanya untuk dibaca di tempat!

No comments:

Post a Comment

Follow by Email