Friday, August 23, 2019

#

Seru juga Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor

Belakangan ini saya sering dihubungi oleh orang-orang yang mau ekspor pakan ternak Palm Kernel Meal Expeller yang saya jual di nusfeed.id. Rasanya kok ribet juga yah ngurusin calon pembeli dari luar negeri.

Akhirnya saya memutuskan untuk belajar saja caranya jadi eksportir. Nyari-nyari di Mbah Google kok harganya muahal-muahal. Sampai saya inget dulu kalo kuliah sering ngelewatin gedung Pusat Pelatihan Ekspor Impor di Grogol. Nah saya cari situsnya lah. Eh ketemu berbagai judul pelatihan. Saya memilih pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor seharga Rp. 600,000 selama 3 hari. 
Nyesel bayar segitu? Tidak! Materi nya sangat bermanfaat. Benar-benar buka wawasan tentang ekspor. Apalagi narasumber nya praktisi yang sudah berpengalaman. Ada juga Widyaswara yang bukan eksportir, tapi karena simulasi hitung harga ekspor jadi sangat bermanfaat sekali.
Kelas juga didesain untuk belajar. Jumlah peserta dibatasi maksimal 25 orang, pada angkatan saya hanya ada 14 orang. Kursi setiap hari berubah posisi.

Apa yang saya pelajari? Setidaknya ada sembilan materi awal sebagai berikut:

1. Mengenal Bisnis Ekspor
2. Identifikasi  Potensi Internal
3. Identifikasi Potensi Pasar Ekspor
4. Latihan Analisa SWOT
5. Pengembangan / Adaptasi Produk Ekspor
6. Biaya dan Harga Untuk Ekspor
7. Latihan Kalkulasi Harga Ekspor
8. Mencari Pembeli
9. Pengalaman Ekspor
Fasilitasnya lumayan lengkap. Maklum Balai Besar di bawah Kementerian Perdagangan RI. Seminar kits, makan siang. Bahkan penginapan Rp. 50,000 / malam yang gak kalah dari hotel dan bisa cabut jam 7 malam (padahal kalau hotel cek out kan jam 12 siang).

No comments:

Post a Comment

Follow by Email