Wednesday, June 12, 2019

#

Berani mencoba #Podcast Note's 1


“Cobalah! Dengan mencoba akan ada dua kemungkinan: gagal atau berhasil. Kalau tidak mencoba hanya ada satu kemungkinan yaitu gagal”

Kira-kira begitulah Pesan yang disampaikan oleh Merry Riana dalam bukunya  Mimpi Satu Juta Dolar.

Kita memang tidak akan pernah tahu suatu hal sebelum mencobanya. kita takkan pernah tahu dinginnya es Jika belum pernah menyentuhnya.  Walau tentu saja ada orang yang berdalih, Bukankah tidak perlu mencoba menyentuh es kalau hanya ingin tahu es itu dingin.  Bukankah bisa diwakilkan kepada orang lain? kita bisa menerima informasi dari orang yang pernah mencobanya kan?”

Tidak  salah memang argumen seperti itu.  Tapi dari sana jelas bahwa kita hanya sekedar ikut-ikutan saja.  bagaimana kalau orang yang dijadikan sumber informasinya berbohong?  Maka lebih elok jika kita mencobanya sendiri. Ada yang berbeda yang berbeda ketika kita mencoba langsung daripada sekedar ikut-ikutan pendapat orang.

Berani mencoba harus diaplikasikan dalam kehidupan nyata.  sesuatu yang  yang besar hadir karena ada keberanian untuk mencobanya.  seperti keinginan manusia untuk terbang,  kemudian Wright bersaudara memutuskan untuk mencoba  membuat  pesawat terbang pertama kalinya.  dan sekarang tidak aneh orang kemana-mana menggunakan pesawat terbang.  Jika kita ingin menjadi sesuatu,  menjadi pengusaha misalnya,  maka cobalah untuk membuka usaha.

Memang tidak semua yang kita coba akan membuahkan hasil.  ada kalanya  apa yang kita lakukan menemui kegagalan. Ada satu hal yang harus kita sadari dari kegagalan tersebut,  bahwa dengan mencoba,  walau walaupun hasilnya gagal,  kita telah melewati satu fase penting.  Kita telah mengalahkan ketakutan - ketakutan yang membelenggu diri kita.  Dari kegagalan itu kita akan memperoleh banyak pelajaran dan hikmah untuk perbaikan selanjutnya.

Coba dan Perhatikan

Terkait dengan keberadaan mencoba,  ada sebuah pepatah Arab yang sangat melegenda. “ cobalah dan perhatikanlah maka kau akan tahu”

Kita tahu akan sesuatu hal,   pada  awalnya memang berasal dari proses mencoba dan memperhatikan.  Contohnya saat belajar naik sepada, awlanya kita memperhatikan orang lain yang naik sepeda,  kemudian kita mencoba menaiki dan mengayuh sepeda, namun jatuh,  kembali memperhatikan orang lain naik sepeda, seperti apa sih caranya yang ebanr biar kita tidak jatuh, lalu terus mencoba sampai akhirnya kita bisa.

“Aku tidak gagal,Aku berhasil membuktikan bahwa 9999 jenis bahan mentah ini tidak bisa dipakai.  aku akan meneruskan percobaan ini sampai menemukan bahan yang cocok.  Kebanyakan orang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka ke titik sukses saat mereka memutuskan untuk menyerah.”

Kutipan kata-kata Bernas milik Thomas Alva Edison di atas menegaskan pentingnya mencoba jangan takut gagal.  Edison adalah contoh nyata seorang pencoba dan pembelajar tangguh.  Ribuan kali ia meneliti serat optical demi memperoleh bahan yang cocok untuk lampu pijar nya.  beribu serat dicoba,  belum berhasil.  namun ia tak pantang menyerah,  hingga akhirnya saat percobaan yang sekian ribu kali ia baru menemukannya. Jadilah lampu pijar identik dengan nama Thomas Alva Edison.

Ribuan kali ditolak, Kolonel Sanders terus mencoba menawarkan resepnya

Selanjutnya kita juga akan Belajar dari Kolonel Sanders, sang pendiri KFC.  Kolonel Sander mendirikan waralaba KFC hanya bermodalkan mobil tua.  ia berkeliling dari satu rumah makan ke rumah lainnya untuk menawarkan resep membuat ayam goreng yang renyah.  ia menawari banyak Rumah Makan itu untuk menggunakan resepnya dengan imbalan bagi hasil keuntungan. Puluhan rumah makan ia tawari,  jawabannya selalu sama:  TDAK!. Kolonel Sanders Pantang menyerah,  terus dan terus menawari resepnya.   ratusan rumah makan ia kunjungi,  jawabannya tetap sama:  TIDAK!

Apakah Kolonel Sanders  berhenti mencoba?  nyatanya tidak. Ia terus mencari rumah makan lainnya.  usahanya dilipatgandakan,   1000 rumah makan ia datangi, meski jawabannya selalu sama: TIDAK! barulah di rumah makan ke 1009 yang mendapat jawaban “ya”.  

Bayangkan 1009?  betapa banyaknya jumlah rumah makan yang ia singgahi dan berapa banyak waktu yang  dihabiskan?.  Bagi orang yang sinis dan mudah putus asa,  angka 1009 itu bisa jadi dianggap GILA.  Namun bagi yang percaya kekuatan mencoba,  ia menganggap itu adalah proses panjang .

Setelah tawarannya diterima,  tak disangka KFC kemudian mendunia. Hampir di setiap negara ada cabang Rumah Makan cepat saji itu.  siapa sih yang tak tahu  keseharan namanya?   Sekali lagi itu tak lepas dari keberanian untuk terus mencoba dan tidak takut gagal dari Kolonel Sanders. jikalauia bukan tipe orang yang pantang menyerah,  mungkin nama KFC tidak akan pernah ada.


Jika anda masih muda Jangan takut untuk mencoba hal yang ingin anda lakukan.  jikalau menemui cobaan dan kegagalan Jangan pernah pantang menyerah.  kata Dahlan Iskan,   setiap orang punya jatah gagal,  habiskan jatah gagalmu selagi masih muda. Selamat mencoba apa saja yang ingin anda lalukan di dunia nyata.

Sampai ketemu lagi.

No comments:

Post a Comment

Follow by Email