Tuesday, April 23, 2019

#

Menyusun koleksi buku pribadi seperti koleksi perpustakaan profesional

Pernah pinjam buku di perpustakaan? Kalo kamu pernah minjem buku di perpustakaan, sudah pasti  koleksinya rapi disusun berrdasarkan sistem tertentu dan kamu akan menemui label buku yang ada di punggung setiap buku yang dikoleksi peprustakaan bukan? Label ini berisi nama perpustakaan dan nomor panggil atau dalam bahasa Inggrisnya disebut call number. Nomor panggil inilah yang biasanya memudahkan pengguna perpustakaan kala mencari suatu buku lewat Opac (Katalog digital perpustakaan).

Nah kali ini saya akan berbagi cara membuat label tersebut, meski anda bukan berasal dari ilmu perpustakaan. Tentu ini akan membuat koleksi buku anda dapat ditata persis seperti koleksi buku diperpustakaan. Sudah siap!

Alat yang dibutuhkan:
  • Printer
  • Gunting


Bahan yang dibutuhkan
  • Kertas
  • Lakban bening


Aplikasi yang dipakai
  • Spreadsheet seperti MS excel
  • Pengolah dokumen seperti MS Word
  • Browser seperti Chrome.


Untuk membuat label buku ini perlu nomor panggil dari koleksi buku yang ingin kita buatkan label punggungnya. Nomor panggil ini terdiri dari kode DCC buku, tiga huruf terakhir dari nama belakang penulis buku, dan huruf pertama dari judul buku.

DDC merupakan singkatan dari Dewey Decimal Classification, merupakan sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Malvil Dewey. DDC adalah sistem klaisifikasi yang paling banyak digunakan di dunia. DDC mencakup keseluruhan ilmu pengetahuan yang sistematis dan teratur. Sistem DDC disebut juga kelasifikasi decimal/persepuluhan karena perincian ilmu pengetahuan didalamnya berdasarkan kelipatan sepuluh, pertama-tama membagi ilmu pengetahuan ke dalam 10 kelas utama, kemudian masing-masing kelas utama dibagi lagi ke dalam 10 divisi, dan selanjutnya 10 divisi dibagi lagi ke dalam 10 seksi, sehingga dengan demikian DDC terdiri dari 10 kelas utama, 100 devisi dan 1000 seksi. 10 Kelas utama DDC adalah sebagai berikut:

000 karya umum, Ilmu komputer
100 filsafat, Psikologi
200 Agama
300 Ilmu Sosial
400 Bahasa
500 Ilmu Pengetahuan Murni
600 Ilmu Pengetahuan Terapan / Teknologi
700 Seni, Olahraga
800 Kesusastraan
900 Sejarah, geografi

Cara mendapatkan kode DDC dari buku yang ingin kita oleh adalah dengan meminjam data dari koleksi perpustakaan lain yang kebetulan memiliki koleksi buku yang sama dengan kita. Saya menggunakan situs onesearch.id milik Perpustakaan Nasional untuk mendapatkan kode DCC dan informasi subjek buku.

Data dari onesearch ini kemudian saya salin ke tabel excel. Setelah mendapatkan nomor panggil buku, saya kemudian menyalin ke word berupa label punggung buku yang siap di cetak.

Setelah label dicetak, saya gunting sesuai dengan kotak label. lalu menempelkan label nomor panggil ke punggung buku yang kita olah. Maka semua proses pelabelan buku sudah selesai dan buku bisa ditata sesuai dengan subjeknya seperti di perpustakaan.

Untuk detail bisa lihat video berikut:

No comments:

Post a Comment

Follow by Email