Friday, February 8, 2019

#

Membuat Iklan GIF untuk Banner Web dan Blog


Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana. Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).

Secara tampilan, jika kita buat banner ini akan menarik. Nah kali ini saya buat dengan tampilan yang berbeda. Untuk hasil yang baru ini gambarnya adalah sebagai berikut. 

Hasil dia atas berbeda dengan yang dulu pernah saya buat. Saya dulu pernah membuat iklan GIF untuk situs nusfeed.id yang saya tempatkan diberbagai blog affiliasi.  Dahulu saya menggunakan salah satu aplikasi Android. Buat gambar GIF nya dari Smartphone. Untuk lebih lengkapnya baca di sini (Cara gampang buat iklan gambar bergerak dari hape android ). Ada pun hasil gambarnya adalah sebagai berikut;

Berbeda bukan?

Proses pembuatan untuk gambar GIF terbaru ini cukup ribet. Ada dua aplikasi Online yang digunakan dan aplikasi edit video desktop  yang digunakan.

Pertama animasi. Animasi tampilan di atas saya buat menggunakan situs Animatron. saya membuat dua scane di situs ini. Yaitu yang gambar peternakan dan gambar  nusfeed.id. Sayangnya saya menggunakan versi gratis jadi masih ada mark animatron-nya di video yang dihasilkan.


Kedua Scane yang berbeda itu kemudian disatukan dan dibuat format MP4. Untuk editing video ini saya menggunakan aplikasi AVS. Hasilnya kemudian ditaruh dulu di youtube. Nah hasil videonya sebagai berikut.

Versi MP4 ini masih ada suaranya. Sedangkan yang GIF sudah tidak ada suara. Untuk mengubah projocet yang masih berformat MP4 menjadi GIF saya menggunakan situs https://ezgif.com. Kita unggah videonya lalu atur durasinya. Start di detik keberapa dan stop di detik keberapa. Jika sudah selesai klik tombol biru Convert to GIF!. Hasilnya kita unduh. Nah hasilnya seperti di gambar paling atas. 
 
Oke sekian sharing kali ini. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment

Follow by Email