Thursday, October 27, 2016

#

Menanti peran lebih Operator Telekomunikasi dalam memajukan UMKM


Dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet di dunia terus meningkat. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Dan tentunya didukung oleh Operator Telekomunikasi dengan menyediakan layanan paket data.

Meningkatnya penggunaan internet menyebabkan berubahnya berubahnya pola tingkah laku manusia dalam pencarian informasi. Mesin pencari seperti google, yahoo search, dan sejenisnya telah menjadi tumpuan orang dalam mencari informasi, termasuk informasi tentang suatu produk. Makanya tak heran jika perusahaan-perusahaan besar menggelontorkan dananya untuk promosi di internet. Menurut Harris Thayeb, seperti yang dikutip majalah Marketers, adalah peningkatan drastis dalam iklan di dunia digital. Dari tahun 2009 ke 2010 terjadi peningkatan belanja iklan di media ini sebesar 100 persen, meski jumlahnya kecil hanya dua persen dari iklan nasional.

Bukan tidak mungkin tahun ini akan mengalami kenaikan. Terlebih generasi muda kita sudah internet maniac, bahkan seorang pakar bernama Mac Prensky menyebut generasi muda sekarang sebagai digital native. Maka jangan heran jika tahun ke tahun akan banyak pelaku usaha besar yang memasarkan brand-nya lewat internet.

Sayangnya, fenomena di atas belum dimanfaatkans ecara optimal oleh pelaku UMKM. UMKM seperti yang dijabarkan oleh Musa Hubeis dalam Prospek Usaha Kecil Dalam Wadah Inkubator Bisnis memiliki kekurangan-kekurangan. Kekurangan-kekurangan itu antara lain adalah: sumber daya manusia lemah dalam kewirausahaan dan manejerial, keterbatasan keuangan dan pemasaran, ketidakmampuan aspek pasar, keterbatasan pengetahuan produksi dan teknologi, prasarana, dan sarana, ketidakmampuan menguasai informasi, dan tidak teroganisasi dalam jaringan dan kerjasama.

Menanti dukungan
Kekurangan-kekurangan UMKM di atas menyebabkan UMKM sulit untuk berkembang apalagi bersaing dengan perusahaan besar. Karenanya UMKM membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk tumbuh dan menjadi besar. Salah satu dukungan yang diharapkan adalah dukungan dari Operator Telekomunikasi.

Operator telekomunikasi dapat mendukung UMKM dengan menyediakan layanan Solusi Bisnis IT dengan biaya terjangkau.  Layanan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM agar dapat mendayagunakan seluruh Potensinya untuk berbisnis dan berinteraksi secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya Internet  sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM Indonesia tidak hanya di dalam negeri tapi juga di kancah Global, ingat internet adalah dunia tanpa batas geografis dan tidak pernah tidur. Setidaknya ada dua masukan yang ingin saya usulkan:

Pertama adalah dengan menyediakan kartu khusus bagi pelaku UMKM. Kartu ini adalah untuk mengakses internet. Tentunya dengan layanan paket data yang terjangkau oleh pelaku UMKM.

Kedua adalah Membuat layanan portal. Portal ini sebagai sarana untuk melakukan pemasaran bersama, baik sesama pelaku UMKM, maupun dengan pelanggan. Disamping itu juga untuk membuka peluang marketing komunikasi terintegrasi, sehingga dapa memperluas aksesibilitas dan pemasaran yang merupakan tempat bertemunya penjual  (seller) dan pembeli (buyer) di internet.

Portal ini sebaiknya memiliki layanan Penyediaan Platform  Directory dan Inventory Service bagi UMKM sehingga Profil dan Produk UMKM dapat Listing secara online melalui Internet. Dan layanan Penyediaan Platform Portal Web atau Toko online, yang memungkinkan UMKM memiliki Website sendiri dengan menggunakan subdomain dari portal yang telah disediakan dan menampilkan produk-produknya. Untuk menggunakan portal ini, operator telekumunikasi dapat saja menggunakan nomor kartu khusus sebagai passwordnya.

Bentuk dukungan operator seluler ini juga dapat dijadikan program CSR. Bentuk kepedulian operator telekomunikasi ini dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku umkm untuk melakukan internet marketing. Sehingga kedepan akan banyak pelaku umkm yang produknya dapat go internasional berkat internet.

Ahmad Yunus, Penulis Tinggal di Tangerang
===
Catatan Penulis: tulisan ini dimuat di koran satelit news 10 Juli 2013

No comments:

Post a Comment

Follow by Email