Wednesday, October 26, 2016

#

Bukan sekedar Ngenet


Internet, hmm kata yang yang satu ini pasti tidak asing lagi ditelinga bukan? Rasanya Hari gini semua penghuni kolong langit ini sudah pada tau internet. Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat akses ke internet semakin mudah, bahkan kini internet bisa dilipet dan dimasukan ke kantong-kantong pakaian kita.

Nah, dengan akses yang mudah, hampir semua orang kini selalu conect dengan internet, tapi tidak semua orang menjadi produktif loh dengan adanya koneksi internet, masih mending buat nyari informasi cos ada juga yang cuma kecanduan dengan game online, atau lebih parah lagi: kecanduan pornografi di intenet. Inalilillah.

Biar internet kamu tidak sekedar buang waktu ada baiknya kita buat produktif yuk waktu berinternet kita. Nah tips berikut bisa digunakan.
  • Ajang ekspresi diri

Salah satu kemuduhan internet adalah menyediakan ruang untuk eksoresi diri, mulai dari blog sampai youtube. Nah, buat kamu-kamu yang punya potensi menulis atau seni bisa nih melahirkan karya dan dimuat di blog atau youtube. Kan tak perlu repot-repot dan takut ditolak oleh media.

Banyak kasus juga orang terkenal yang lahir dari dunia maya dan menyalurkan bakatnya lewat internet. Raditya Dika dengan blognya, atau Justin Bieber yang populer lewat youtube sebelum bakatnya dicium oleh produser terkenal.

Mau kan seperti orang-orang di atas, makanya kalau kamu punya bakat dan bisa melahirkan karya, ayo jadikan internet sebagai ajang ekpresi diri. Tidak bakal ada yang menolak karyamu loh, dan tentunya kamu bisa dapat feedback yang berguna buat memperbaiki karyamu dari pengunjung internet lainnya.
  • Silaturahmi dan koneksi

Salah satu fitur internet yang paling banyak digunakan adalah situs jejaring sosial, dengan situs jejaring sosial ini kita bisa bersilaturahmi dengan teman-teman kita dan orang-orang lain di belahan bumi lainnya. Adanya internet memangkas batas geografis yang secara fisik membatasi kita. Kini kita bisa bersilaturahmi dengan teman masa kecil yang ada di Malaysia, bahkan kita bisa bersilaturahmi dan menjalin koneksi dengan orang-orang terkenal yang di dunia nyata sangat sulit untuk kita temui.
Saya pun memanfaatkan facebook buat mencari link dan koneksi ke orang-orang hebat loh, biar kita bisa belajar dan berkomunikasi lebih dekat dengan mereka yang hebat-hebat itu.
Nah, manfaatkan internet untuk bersilaturahmi dan membuat koneksi.
  • Bisnis

Buat kamu yag punya bisnis, maka manfaatkan internet untuk media promosi bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan blog sampai facebook loh. Dengan internet kamu bahkan bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Pokoknya internet menyediakan peluang bisinis yang banyak.

Nah begitu dulu deh. Ayo kita lebih produktif dengan bantuan internet.

Ahmad Yunus
==
Catatan Penulis: dimuat di Majalah Sabili Edisi 16 Th XVII 7 April 2011

No comments:

Post a Comment

Follow by Email