Monday, October 26, 2015

#

Cara jitu nyari informasi di internet



Internet. Pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Apalagi kalau disuruh tugas sekolah atau kuliah, pasti deh nyari bahannya di internet. Ayo ngaku? Kan ada om gugel yang siap melayani permintaan. Tinggal ketik, keluarlah bejibun informasi. Akan tetapi terkadang kita hanya asal ketik saja tanpa tahu strategi apa yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pencarian.

Sederhananya strategi itu adalah langkah – langkah untuk mengambil suatu keputusan ketika pencarian guna informasi yang didapat sesusai dengan harapan. Supaya pencarian yang kita lakukan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu akan lebih baik kalau strategi pencarian dilakukan pada tahap awal, bahkan sebelum kita berhadapan dengan komputer. Kita perlu memfokuskan (mempersempit) pencarian atau melebarkan (memperluas) pencarian sebagai bagian dari strategi yang dilakukan dalam proses pencarian.

Nah, strategi ini penting agar:
  • Menghindari informasi yang tidak relevan dengan yang kita inginkan
  • Menghindari informasi yang dihasilkan terlalu luas dan besar
  • Menghindari informasi yang dihasilkan terlalu kecil atau kosong sama sekali
  • Mendapatkan informasi yang lebih spesifik (terfokus)
  • Mendapatkan informasi yang relevas dengan yang kita butuhkan

Berikut ini adalah strategi yang dapat kamu gunakan, kalau mau mencari informasi di internet.
  1. Mengembangkan topik dan kata kunci

Akan lebih baik kalau kita sudah mengetahui topik apa yang kita cari. Pengembangan topik ini bisa dengan membuat pertanyaan – pertanyaan, pertanyaan – pertanyaan itu sebaiknya langsung mengarah pada masalah yang ingin kita cari. Misalkan; apa pengaruh pemanasan global terhadap kehidupan burung.

Menentukan kata kunci juga penting. Kata kunci inilah yang akan menjadi pegangan kita ketika mencari informasi di internet. Kata kunci bisa diartikan sebagai kata atau frasa yang penting dan sering muncul di dalam teks atau dokumen. Kata kunci ini juga terdapat dalam abstrak, judul, dan isi artikel.

Sebagai contoh: apa pengaruh pemanasan global dengan kehidupan burung, kata kunci yang bias kita gunakan antara lain adalah: pemanasan global, perubahan iklim, migrasi burung,  burung.
Contoh menegmbangkan kata-kata kunci

Topik utama
Sinonim
Arti lebih luas
Arti lebih sempit
Kata berhubungan
Pemanasan global
Efek rumah kaca
Lingkungan
Ekologi
Masalah lingkungan
Polusi udara
Kabut asap
Pembakaran hutan
CFC
Perubahan iklim
Lapisan ozon
Pembakaran hutan
      2. Katahui dulu fitur pencarian yang dapat digunakan
Search engine, seperti Google, Yahoo, dan yang lainnya punya fitur – fitur pencarian yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencarian yang efektif. Banyak sekali yang kurang memanfaatkan fitur – fitur yang telah disediakan, atau malah tidak tahu sama sekali akan adanya fitur bantuan itu. Search engine yang paling popular dan banyak digunakan adalah Google, untuk medapatkan petunjuk fitur – fitur pencarian yang dapat anda gunakan apa saja, silahkan lihat di: google.com/help/cheatsheet.html.

     3. Evaluasi hasil pencarian informasi
Evaluasi sangat penting. Karena tidak semua informasi sahih dan akurat, informasi kadang tidak sesuai dan menyesatkan, dan informasi di internet dapat dibuat oleh setiap orang atau lembaga tanpa adanya batasan. Maka, mengevaluasi informasi yang akan kita amabil menjadi penting, terlebih jika kamu mencari informasi sebagai bahan tugas akademik (sekolah atau kuliah), agar informasi yang sobat elka dapatkan berbobot.

Kriteria yang adapat sobat elka gunakan adalah:
  • Kepengarangan; secara umum nama penulis dapat kita ketahui karena keahlian atau kepakarannya dalam bidang tertentu. Begitu juga dengan nama lembaga dapat dikenali dari lingkup kegiatannya dalam bidang tertentu. Pilih yang benar – benar kapabel dan memenuhi kualifikasi untuk menjadi sumber rujukan.
  • Situs web yang baik pasti memiliki tujuan dan target yang jelas. Data dan informasi yang disajikan cukup jelas dan dapat dipahami kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa informasi yang disajikan adalah tidak untuk main – main. Situs Koran Republika pasti lebih berbobot ketimbang wikipedia.
  • Isi; tatabahasa yang digunakan standar. Susunan kalimatnya benar. Bila dalam informasinya terdapat sumber – sumebr lain, maka sumber – sumber lain etrsebut harus jelas dan sesuai dengan topiknya.
  • Kemutakhiran; untuk mengikuti perkembangan suatu berita, topik atau hasil penelitian informasi yang disajikan dalam halaman web sebaiknya yang baru atau mutakhir. Kemutakhiran halaman web dapat ditilik dari katerangan tanggal update, atau keterangan frekuensi update secara berkala, misal: “situs ini direvisi setiap 3 minggu”

     4. Penulisan sumber informasi
Agar tidak disebut plagiat, maka sudah keharusan untuk mencantumkan dari mana sumber informasi kamu dapatkan. Nyaris sama dengan sumber infomasi tercetak (buku, Koran, majalah, dsb), hanya tempat, nama, dan tanggal terbitan yang ditulis berbeda. Contoh penulisan sumber infomasi dari internet: Nurlaelah, Elah. “Anak TK Juga Bisa Kritis.” http://sabiluna.org/ibroh/elah.html (diakses tanggal, 20 Maret 2008)

Semoga bermanfaat

Catatan Penulis: Tulisan Ini pernah dimuat di Majalah Sabili edisi 21 TH XVI 7 Mei 2009

No comments:

Post a Comment

Follow by Email